STANDAR PROFESI PMIK (HK.01.07/MENKESI/312/2020)
v Standar Profesi PMIK terdiri dari :
1. Standar Kompetensi
2. Standar Kode Etik Profesi (ditetapkan PORMIKI)
v Latar Belakang PMK Nomor : HK.01.07/MENKESI/312/2020
1. Perkembangan Ilmu Teknologi
2. Kewajiban PMIK memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan standar-standar yang telah ditetapkan
3. Pengelolaan rekam medis diperlukan untuk memenuhi kebutuhan aspek ALFRED
4. PMIK harus dikelola oleh orang yang berkompeten di bidangnya.
v Tujuan PMK Nomor : HK.01.07/MENKESI/312/2020
· Meningkatkan kualitas PMIK sesuai standar kompetensi dan etika profesi
· Meningkatkan kemampuan PMIK dalam kodefikasi
· Tersedianya MIK yang efisien dan efektif
· Meningkatkan kemampuan PMIK dlm menjaga mutu pelayanan MIK
· Meningkatkan kemampuan PMIK dlm menganalisis data dan menyajikan statistik
· Meningkatkan kemampuan PMIK dlm pengelolaan MUK
· Kemitraan dan kerja sama Tim dlm pelayanan MIK
· Tersedianya sistem pengembangan karir tenaga Administrator Infokes
· Tersedianya perlindungan hukum bagi Adm.Infokes dlm pelayanan Infokes
v Standar Kompetensi PMIK
Kompetensi disusun berdasarkan urutan (Pohon Kompetensi)sbb :
1. Profesionalisme yg luhur, Etika dan Legal
2. Mawas diri dan pengembangan Diri
3. Komunikasi Efektif
4. Manajemen data dan Infokes
5. Keterampilan klasifikasi klinis, kodefikasi Penyakit dan masalah kesehatan lainnya, serta prosedur klinis
6. Aplikasi statistik kesehatan, Epid.dasar dan Biomedik
7. Manajemen pelayanan RMIK
1. Area Profesionalisme yang Luhur, Etika dan Legal
· Percaya dan mengamalkan Ketuhanan Yang Maha Esa
· Memiliki standar moral, etika, dan disiplin
· Mematuhi hukum dan perundangan
· Memiliki wawasan sosial budaya
· Menunjukkan sikap dan perilaku sesuai standar profesi.
2. AREA MAWAS DIRI DAN PENGEMBANGAN DIRI
· Memahami batas kemampuan dan kewenangan
· Bertindak penuh kehati-hatian, dan selalu waspada
· Mempertahankan dan memelihara kompetensi dengan penerapan belajar sepanjang hayat.
· Pengembangan pengetahuan dan keterampilan baru.
3. Area Komunikasi Efektif
· Komunikasi lisan dan tertulis yang dapat dipahami oleh pengguna jasa PMIK
· Komunikasi lisan dan tertulis dalam rangka kolaborasi dengan mitra kerja
· Komunikasi dengan masyarakat
· Komunikasi verbal dan non verbal
· Penerapan ilmu komunikasi untuk pengumpulan, pengolahan, penyajian data beserta informasi kesehatan.
4. Area Manajemen Data dan Informasi Kesehatan
· Perancangan standar data kesehatan
· Pengelolaan data dan informasi kesehatan
· Pemanfaatan data dan informasi untuk menunjang pelayanan kesehatan
· Penggunaan sistem informasi kesehatan dalam pengelolaan data kesehatan
5. Area Keterampilan Klasifikasi Klinis, Kodifikasi Penyakit Dan Masalah Kesehatan Lainnya, Serta Prosedur Klinis
· Pemahaman konsep klasifikasi klinis dan kodifikasi penyakit dan masalah kesehatan lainnya,serta prosedur klinis
· Penggunaan berbagai jenis klasifikasi klinis, penyakit dan masalah kesehatan laintryo, serta prosedur klinis
· Pemahaman, Penggunaan sistem pembiayaan pelayanan kesehatan yang menggunakan dasar klasilikasi klinis, kodifikasi penyakit dan masalah kesehatan lainnya, serta prosedur klinis
· Pemahaman, pembuatan, penyajian statistik klasifikasi penyakit dan masalah kesehatan, serta prosedur klinis.
6. Area Aplikasi Statistik Kesehatan, Epidemiologi Dasar, dan Biomedik
· Penerapan statistik dalam pengolahan, penyajian data dan informasi kesehatan
· Penerapan epidemiologi dasar dalam perancangan program dan analisis data kesehatan
· Penerapan biomedik dalam pemahaman karakteristik dan makna data kesehatan.
7. Area Manajemen Pelayanan Rmik
· Pengumpulan data pelayanan dan program kesehatan secara manual dan elektronik
· Pengolahan data pelayanan dan program kesehatan secara manual dan elektronik
· Penyajian data pelayanan dan program kesehatan secara manual dan elektronik
· Analisis data pelayanan dan program kesehatan secara manual dan elektronik
· Pemanfaatan data pelayanan dan program kesehatan sebagai informasi/masukan untuk pengambilan keputusan
· Pengelolaan pelayanan RMIK di fasilitas pelayanan kesehatan
· Pengelolaan pelayanan RMIK di seluruh fasilitas kesehatan
· Pengelolaan mutu pelayanan RMIK.
v Tingkat Kemampuan PMIK Menurut Piramida Miller
1. Does (Terampil Melakukan Secara Mandiri)
2. Shows (Terampil Melakukan/Menerapkan di bawah Supervisi)
3. Knows How (Pernah Melihat atau Didemontrasikan)
4. Knows (Mengetahui dan Menjelaskan)

Komentar
Posting Komentar